Buah Zakar Varises Pria Sulit Punya Anak Mitos Atau Fakta?

Apasih Varikokel ?
Varises pada umumnya merupakan masalah yang paling ditakuti oleh kaum Hawa. Namun ternyata, pria juga bisa punya varises — terutama pada testis mereka. Dalam dunia medis, varises di penis dikenal dengan istilah penyakit varikokel.

Penyakit varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah vena di dalam skrotum alias buah zakar yang melapisi testis. Vena bertugas membawa darah dari sel dan jaringan kembali ke jantung. Varikokel dapat terjadi pada salah satu sisi buah zakar atau keduanya. Namun benjolan ini biasanya terjadi pada sisi kiri karena vena di sisi itu lebih sering mendapat tekanan besar daripada sisi kanan.



Ukuran benjolan varikokel bermacam-macam. Banyak yang bisa dilihat langsung secara kasat mata, tapi ada juga yang baru bisa diketahui setelah diraba. Itulah kenapa penting bagi setiap pria untuk melakukan pemeriksaan testis beberapa peneliti menyatakan bahwa risiko varikokel dipengaruhi tinggi dan berat badan. Semakin tinggi Anda, semakin tinggi pula peluang Anda mengembangkan varikokel. mandiri secara rutin.

Dampak Varikokel dan Kesuburan Pria
Adanya pembengkakan pembuluh darah vena akibat verikokel menyebabkan katup pembuluh vena tidak bisa berfungsi optimal untuk mengembalikan darah ke jantung. Darah yang terjebak di area intim ini semakin lama akan meningkatkan suhu di sekitar testis dari seharusnya.

Subur tidaknya seorang pria dipengaruhi oleh kualitas sperma yang diproduksi oleh testis di dalam buah zakar. Aliran darah dari jantung menuju penis ketika pria mendapatkan rangsangan seksual akan menciptakan ereksi. Di saat yang bersamaan, skrotum (buah zakar) tertarik ke dalam tubuh untuk mempersiapkan air mani.

Penyebab
Lantas, apakah semua pria yang memiliki penyakit varikokel akan mengalami gangguan kesuburan? Belum tentu. Kesuburan pria tergantung dari banyak faktor. Termasuk di antaranya adalah sudah berapa lama Anda memiliki varikokel, tingkat keparahannya, dan lokasi (di salah satu atau kedua sisi skrotum). Diagnosis dan pengobatan dini juga dapat memperbaiki peluang kesuburan Anda. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah urologi.

Tidak ada cara untuk mencegah varikokel. Tapi Anda bisa menurunkan risiko Anda terhadap masalah kesehatan satu ini. Pria disarankan untuk menjaga kesehatan organ vitalnya dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, terutama sayur dan buah yang kaya vitamin A, C, E, dan zink. Hindari juga paparan zat kimia, listrik, radiasi terus menerus, berendam air panas, dan pemakaian celana yang terlalu ketat untuk melindungi suhu ideal buah zakar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senam Kegel dan Segudang Manfaatnya Bagi Wanita

Tips Menghilangkan Kantuk Tak Tertahankan Setelah Makan Siang