Senam Kegel dan Segudang Manfaatnya Bagi Wanita

Mungkin tidak semua orang pernah mendengar istilah “Kaegel Exercise” atau Latihan Kaegel. Para ibu pastinya pernah mendengar kata Senam Kaegel. Tapi sudahkah Sobat tahu lebih lanjut tentang Latihan Kaegel ini dan manfaatnya untuk kesehatan? Yuk simak artikel berikut ini!
Kaegel Exercise adalah latihan yang bertujuan untuk memperkuat otot-otot bagian dasar panggul. Otot-otot dasar panggul ini adalah :
  • Otot-otot di daerah sekitar genital 
  • Otot-otot di sekitar saluran kencing
Bagaimana sih cara melakukan Latihan Kaegel ini
Inti dari metode latihan ini adalah dengan meningkatkan kontraksi/ kerja otot-otot panggul.
Latihan dimulai dengan kontraksi, laiknya seperti menahan BAK, selama 5 detik, lalu rileks selama 1 detik, dilanjutkan dengan kontraksi kembali selama 5 detik, diulangi dengan siklus demikian selama 15-20 menit per harinya.



Ada juga siklus lain, yaitu dengan cara :
  • Kontraksi perlahan selama 5 detik.
  • Diikuti dengan kontraksi lebih kuat selama 5 detik,
  • Kemudian kontraksi lebih kuat selama 5 detik,
  • Lalu kontraksi sangat kuat selama 5 detik, terakhir rileks selama 5 detik.
  • Keempat siklus ini diulangi dalam 15-20 menit per harinya.

Apa manfaat kesehatan Kaegel Exercise untuk wanita?
Wanita mendapatkan cukup banyak manfaat dari latihan ini misalnya: 
  • Seks : Dari segi seks, Kaegel Exercise dapat memperkuat otot-otot di sekitar daerah rahim dan vagina. Dalam beberapa penelitian, hal ini ternyata menyebabkan peningkatan kemungkinan terjadinya orgasme dan kenikmatan saat hubungan seks.
  • Gangguan Kemih : Selain itu, wanita dengan gangguan saluran kecing akibat Inkotinensia urin yaitu suatu keadaan dimana tidak dapat menahan sensasi ingin buang air kecil) juga diuntungkan dengan Kaegel Exercise ini. Ternyata setelah melakukan Kaegel Exercise secara teratur, keluhan inkotinensia urin yang dialami jauh berkurang.
Manfaat Kaegel Exercise untuk wanita, khususnya yang sedang hamil dan setelah melahirkan.
Saat seorang wanita sedang hamil, terjadi peregangan secara bertahap pada bagian rahim untuk menampung perkembangan janin. Hal ini juga disertai dengan peregangan otot-otot panggul dan perut yang menyesuaikan dengan pembesaran rahim.

Seperti karet yang memelar, kadang otot yang meregang justru mengalami penurunan kekuatan otot. Selama hamil, Kaegel Exercise diharapkan dapat membantu mempertahankan kekuatan otot-otot panggul.

Hal ini juga berlaku pada ibu yang melahirkan secara normal. Saat persalinan, terjadi peregangan hebat pada otot-otot panggul untuk mendorong bayi keluar dari rahim. Otot yang meregang ini harus dilatih agar kembali ke kekuatannya semula. Kaegel Exercise menjadi salah satu cara termudah dan termurah untuk membantu mengembalikan kekuatan otot panggul.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah Zakar Varises Pria Sulit Punya Anak Mitos Atau Fakta?

Tips Menghilangkan Kantuk Tak Tertahankan Setelah Makan Siang