Tips Menghilangkan Kantuk Tak Tertahankan Setelah Makan Siang

Merasa kantuk yang tak tertahankan setelah makan siang ? Hal ini hampir terjadi pada setiap orang, yang menjadi masalah adalah munculnya kantuk di saat jam kerja setelah makan siang. Sekitar jam 2 siang sampai jam 4 sore. Kebanyakan orang akhirnya memilik kopi untuk menghilangkan rasa kantuknya.

Kamu mungkin penasaran mengapa rasa kantuk selalu muncul setelah makan siang. Ternyata, hal itu merupakan respon tubuh terhadap perubahan biokimia yang terjadi dalam tubuh setelah makan
Nah, untuk menghilangkan rasa kantuk yang muncul setelah makan, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut :

Duduk Tegak
Kalau kamu sedang ngantuk, coba ubahlah posisi duduk kamu menjadi tegak. Duduk yang membungkuk atau nyender, malah akan membuatmu semakin ngantuk. Tapi, dengan duduk tegak, tubuh selalu berada dalam posisi siap dan awas, sehingga bisa membantu mengurangi kantuk.



Minum Air Putih
Dengan menjadikan diri sendiri sebagai kelinci percobaannya, ternyata hal ini benar2 terbukti lho.. Ternyata minum air putih bisa menjadi cara terbaik bagi saya bila mengantuk disaat jam kerja sehabis makan siang. Seperti apa yang telah saya ketahui pada saat mengantuk, tubuh sedang kekurangan oksigen. Nah dengan banyak minum air putih, oksigen dalam tubuh pun akan kembali meningkat.

Itulah penjelasan secara ilmiahnya dan telah terbukti dapat menahan kantuk, tapi untuk saya sendiri bukan hal itu yang menyebabkan saya dapat menahan kantuk. Dengan banyak meminum air putih setiap 5menit sekali, otomatis membuat saya harus bolak - balik kamar mandi. Jadi hal itu yang sebenarnya bikin saya jadi tidak mengantuk lagi.

Membasuh Muka dengan AirJika rasa ngantukmu masih belum hilang juga, basuhlah wajahmu dengan menggunakan air dingin atau ambil lah whudu. Enggak cuma mudah untuk dilakukan, cara ini juga ampuh untuk membuat kamu segar kembali.

Menempelkan Es Batu di Dahi
Walaupun cara yang satu ini cukup merepotkan, tapi menempelkan es batu di dahi terbukti ampuh hilangkan kantuk, lho. Es batu yang dingin bisa membantu merilekskan otak serta menyegarkan pikiran. Enggak harus es batu, kamu juga bisa menempelkan minuman kaleng dingin ke dahi.

Bergerak Setelah Makan
Setelah makan, jangan langsung duduk. Tapi, lakukanlah kegiatan yang membuatmu tetap aktif bergerak, misalnya seperti berjalan kaki selama 15 menit, atau daripada naik lift, kamu bisa naik tangga untuk kembali ke meja kerjamu. Dengan banyak bergerak, aliran darahmu akan menjadi lebih lancar, sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh tubuhmu dan membuat kamu jadi lebih berenergi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senam Kegel dan Segudang Manfaatnya Bagi Wanita

Buah Zakar Varises Pria Sulit Punya Anak Mitos Atau Fakta?